SERIUS LHO! DItemukannya Hiu Tertua di Dunia

loading...

SERIUSLHO! DItemukannya Hiu Tertua di Dunia


Ini adalah makhluk yang bisa hidup sampai 400 tahun, hampir dua kali lipat umur dari kura-kura raksasa tertua atau paus, Hiu ini ditemukan di Greenland.
Meskipun hiu Greenland bukan spesies baru yang pernah ditemukan, namun hiu dengan umur tertua ini baru ditemukan oleh Julius Nielsen, seorang ahli biologi kelautan di University of Copenhagen di Denmark.. Hiu ini berenang dengan lambat dan hidup di perairan kutub yang dingin dari lautan Atlantik utara dan Kutub Utara dan dapat tumbuh hingga panjang 17 kaki.



 "Kami terpesona oleh umur hiu ini," kata Peter Bushnell, seorang ahli biologi dengan tim di Indiana University, South Bend.


Sedikit sekali data yang diketahui bahwa Hiu Greenland ini sulit dipahami, kebanyakan dari spesies ini mati terjaring oleh nelayan Skandinavia sebagai. Menggunakan radiokarbon, tim Nielsen mengintip ke mata hiu 'untuk menemukan usia mereka.

























Radiokarbon adalah cara yang cerdas untuk menemukan usia sesuatu dengan mengukur level yang unik unsur karbon dalam suatu material. Isotop karbon dari waktu ke waktu secara alami dan spontan akan membusuk. Karena para ilmuwan tahu seberapa sering peluruhan ini terjadi, mereka dapat menceritakan bagaimana sesuatu yang tua didasarkan pada rasio atom karbon. Semakin tua isotop yang lebih berat akan berubah jauh.

Jadi mengapa lensa mata? Tidak seperti tulang rawan, gigi, sisik, atau berbagai jaringan lain untuk meneliti usia hewan ini., pusat lensa mata hiu 'tidak akan terus berkembang. Misalnya, Anda mungkin berusia 20-an, 40-an atau 60-an, tapi kuku dan kulit yang hanya minggu tua, yang tidak akan memberitahu ilmuwan masa depan banyak tentang usia Anda. Lensa mata ikan hiu ini terbentuk dari protein kristal-seperti lembam, yang pertama kali terbentuk sementara hiu tersebut masih dalam telurnya.

"Salah satu cara tradisional untuk menentukan umur ikan adalah dengan melihat tulang rawan dan tulang, yang tumbuh dalam pola yang teratur. 

Dari 28 ikan yang diteliti, yang tertua diperkirakan berusia-mungkin sekitar 400 tahun bahkan bisa mencapai 500 tahun. Ketika Anda mempertimbangkan bagaimana perlahan makhluk tumbuh dan seberapa besar mereka dapat berakhir. "Kami memahami bahwa rata-rata mereka tumbuh sekitar setengah inci setiap tahun.

Karena ikan ini hidup mereka di perairan kutub, tidak pernah (atau jarang) ke permukaan, sedikit yang diketahui tentang mereka. Para ilmuan tidak dapat mengetahui seberapa besar bayinya, di mana mereka lahir, bagaimana mereka hamil, jadi ada banyak pertanyaan yang belum terpecahkan tentang hiu ini.









Share on Google Plus

0 comments:

Post a Comment